Jumat, 18 Desember 2015

PENGAKUAN MENGEJUTKAN PARA SOPIR TRUK DAN BUS

PENGAKUAN MENGEJUTKAN PARA SOPIR TRUK DAN BUS

Sejujurnya kita patut berterima kasih kepada para sopir truk. Berkat cucuran keringat Abang², Mas², dan Bapak² sopir ini, (terutama di kota besar) kita bisa menikmati aneka hasil bumi seperti buah, sayur dan palawija. Berkat injakan pedal gas dan tarikan tuas persneling truk beliau² inilah kita bisa menikmati sensasi berkendara lewat motor ataupun mobil yang mereka antarkan. Namun, ada sebuah fakta dan pengakuan mengejutkan dari sopir truk ini sempat membuat, mungkin anda bisa mendadak kehilangan selera makan.


Simak beberapa peristiwa berikut...:
Saya pernah juga ngobrol sama sopir trailer. Jadi kata dia: “Daripada menyebabkan kecelakaan yang bisa menimbulkan banyak korban, lebih baik 1 nyawa melayang”. Lho kok bisa...?
Jadi gini, supir trailer bisa saja ngerem mendadak apabila ada bikers atau pemotor yang jatuh di depannya. Tapi apabila iti dilakukan, maka yang akan terjadi adalah... Bagian belakang atau muatannya akan lari kekanan atau kekiri. Bisa dibayangkan apabila di sisi kanan atau kiri banyak bikers atau pemotor, pasti akan terserempet atau tergilas. Itu sebabnya supir trailer lebih memilih melindas bikers atau pemotor yang jatuh di depan atau disampingnya. Dua pilihan yang memang sulit...!!

Truk sebesar itu bisa jadi sahabat dijalanan kalau kita tahu aturan, truk sebesar gajah kalau misalnya kita akan mendahului dan truk itu menyalakan lampu sein kanan, jangan coba2 mendahului... Artinya ada kendaraan dari arah berlawanan, kalau kita ingin mendahului truk pakai perhitungan matang, misal panjang truk 12M, panjang mobil kita 4M, itu artinya kita harus punya space untuk mendahului truk adalah 4-5X panjang mobil kita. Kalau truk sudah nge-sein kiri dan lampu remnya menyala, segera kita nge-sein kanan dan silahkan mendahului, sopir truk paham kode klakson 2X waktu mendahului... "Say thanks to truck driver" yang sudah memberikan kita jalan buat mendahului.

Memang begitu, kalau seandainya (tidak sengaja) tabrakan “diusahakan” korbannya meninggal biar tidak banyak ganti ruginya, kalo cacat bisa ratusan juta katanya... Sadis sekaleee.

Kalau supir bus punya prinsip begini, “Daripada mengorbankan nyawa seluruh penumpang bus, lebih baik nyawa 1 atau 2 orang naik motor yang hilang...”
Makanya kalau ketemu bus ugal²an mending turun dari aspal sajalah, soalnya para sopir bus juga lagi bawa nyawa banyak orang.

Motor atau kendaraan kecil juga jangan asal salip kalo tidak mau tinggal nama... sudah salah, ngotot. Itulah pengendara kendaraan kecil yang saya tau. Logika sang sopir mending mati saja sekalian, daripada urusan panjang. Yang jelas kalau bawa kendaraan, apapun jenisnya harus WASPADA dan SAFETY RIDING...

"Saya tambahkan lagi info underground seputar dunia supir truk kalau menyikapi kecelakaan seperti itu.
Ukuran truk itu kan besar? jadi kalau sampai berurusan dengan polisi, alibi yang paling gampang (ini saya dengar sendiri dari supir truk yang suka nongkrong deket rumah saya) adalah, “Tidak Kelihatan!!". Alasan ini bisa diterima mengingat ukuran truk memang besar dan sulit mengawasi tiap sudut truk setiap saat. Jadi kalo ada yang terlindas tinggal pakai alasan itu saja, paling ujung²nya perusahaan yang punya truk itu memberi uang damai sekedarnya ke keluarga korban, yang jelas jumlahnya sedikit, uang kerohiman namanya.
Kalau misalnya keluarga korban ngotot akan memperkarakan ke pengadilan juga tidak bakalan menang, karena alasan “Tidak Kelihatan” bisa diterima oleh akal sehatnya hakim, pengacara, penuntut umum, panitera dan semuanya. Ujung²nya diselesaikan diluar pengadilan, makanya kalau truk atau bus sering membunyikan klakson jangan dianggap personal, itu justru mengingatkan kita betapa rapuhnya posisi kita di jalanan bila berhadapan dengan mereka. Justru kita harus ngalah bila truk sampai mengklakson kita. itu pesan moral yang saya tangkap...
Cobalah kita bayangkan berada di posisi supir truk, tidak gampang mengendalikan monster sebesar itu di jalanan, apalagi biker kita terkenal suka asal belok/asal nyebrang tanpa nge-sein dulu.

Saya pernah lihat seorang istri dibonceng motor yabg dikemudikan suaminya kelindas truk, ibu itu yang kena perutnya, suaminya selamat. Itu yang namanya usus berhamburan keluar semua bercampur sama cairan kuning (lemak perutnya). Badannya nyaris putus jadi 2 tapi masih hidup meregang nyawa sambil nyebut ”Ya Allah, aku gak mau mati kayak gini” berulang kali. Suaminya shock diam saja di sudut jalan tidak mampu ngomong apa² kayak orang linglung, menolong saja tidak. Asli seram, sudah seperti daging cincang tapi masih bisa ngomong dan gerak². Warga setempat buru² memasukkan kemobil dan dibawa kerumah sakit, tapi kabarnya meninggal dalam perjalanan. Nah, waktu supir truknya di tanya polisi, jawabnya? Tidak melihat ada yang masuk ke kolong truk dia, begitu jawabnya.

Tambahan: Beban yang dipikul supir itu banyak, selain muatan mereka juga memikul kehidupan supirnya. Makanya itu yang bikin supir ugal²an.

Beriku tips dari saya buat pengendara kendaraan, khususnya motor.

1. Jgn pernah berhenti mendadak didepan truk muatan berat di bawah 12 meter, sesungguhnya anda telah mati jika melakukan itu. Bila anda tidak mati maka sekitar anda yang jadi korban.
2. Driver truk berat berbeda dengan bus malam. Kecepatannya terbatas, bahkan masih kalah cepat dengan Skuter Cocokrang yang tidak jelas.
3. "Jika kami terkena macet tolong lihat kami dan jangan asal memaki kami karena pelannya truk. Lihatlah lebih jelas, mata kita pasti merah, kami selalu antisipasi jika motor atau mobil nyelonong di depan. Kami pasti siaga dan tanpa terlena mata ini terus memandang anda dan aspal di sepanjang jalan".
4. Baca selalu lampu sein kita kemana arahnya…
5. Selalu hidupkan lampu belakang motor anda...
6. Jangan pakai belakang lampu putih.
7. Selalu waspada dengan melihat kaca spion.

Cara ngerjain sopir truk ato bus ugal²an?

1. Pecahkin spion kirinyanya, maka sang driver akan buta.
2. Jangan pernah melempar kaca truk/bus ugal²an dengan batu secara langsung, karena tidak akan pecah kalau tidak terkena titik pusat kelemahan kaca tersebut. Cukup anda lemparkan batu secara ngambang ke arah langit dan biarkan kendaraan tersebut menabrak batu itu dan lihat hasilnya. Diutamakan saat truk/bis itu ngebut.
3. Anda tembak dengan lampu berwarna kuning terang maka sang sopir akan buta sesaat sekitar 4 - 6 detik
4. Hati² memory driver truk muatan berat memorynya hebat.

Sebuah testimoni dari sisi lain yang seharusnya kita tahu dan antisipasi. Bisa dikatakan uraian diatas ini adalah sisi kelam dari para Sopir truk. Memang tidak semua, tapi setidaknya bisa menjadi pembelajaran buat kita semua. Terutama para bikers seperti kita ini menjadi istimewa dikarenakan karakteristik kebanyakan bikers kita yang universal bahkan malah ada yang agak cenderung nakal...

0 komentar

Posting Komentar